Wednesday, 16 April 2014

Posted by deni hermanto |

“Lupa”. Satu kata ini emang bisa bikin masalah kalo kamu alami. Contohnya lupa ngerjain tugas, lupa naro kunci kendaraan, lupa bawa dompet, ke kampus lupa pake baju atau lupa tanggal jadian. Lupa tanggal jadian emang bahaya banget sih apalagi bagi para cowok. Biasanya cowok itu ga terlalu mikirin tanggal jadian karena yang penting cowok itu dapet jatah tiap minggu sayang sama ceweknya dan berusaha melakukan yang terbaik buat ceweknya tanpa ribet mikirin tanggal jadian. Beda sama cewek yang lebih spesifik, biasanya cewek itu selalu inget sama hal-hal kecil yang dilakuin pas lagi sama cowoknya. 

Berikut ini tips yang mudah-mudahan benar bisa menghilangkan atau setidaknya mengurangi penyakit lupa yang sering kamu alami.

1.      Jangan banyak begadang
Ingat kata bang haji Rhoma Irama jangan begadang kalo ga ada artinya. Ternyata lirik lagu dari Rhoma Irama itu emang bener. Jadi jangan suka begadang ya apalagi kalo cuma buat ngestalk timeline mantan, percuma!. Menurut survey yang dilakukan para ilmuan, begadang jadi salah satu faktor kenapa kamu sering lupa. Karena kalo kamu begadang otomatis jadi kurang istirahat, kinerja otak pun jadi berkurang dan daya ingat makin lemah karena otak yang harusnya istirahat malah dipaksa tetap bekerja gara-gara kamu paksain buat begadang. Intinya sih kalo ga mau terkena penyakit lupa ya jangan sering begadang.

2.      Jangan terlalu banyak pikiran
Seringnya lupa biasanya juga terjadi karena kita terlalu banyak pikiran. Buat yang banyak pikiran mending jangan terlalu banyak mikirin hal yang ga penting. Contohnya mikirin tugas, ya iyalah tugas tuh dikerjain bukan cuma dipikirin doang.  Coba kamu itu lebih mikirin hal-hal yang penting aja yang kira-kira bermanfaat, contohnya mikirin gimana membahagiakan kedua orang tua kamu dan pasangan kamu. #tsaaaaaah

3.      Menulis Hal-hal penting
Menulis hal-hal yang penting itu penting dan itu salah satu kebiasaan yang baik banget. Biasanya kan kalo menyimpan daftar di kepala cenderung sering lupa. Nah bagi yang otaknya udah susah buat mengingat sesuatu, mending lakuin hal ini karena kalo tiba-tiba kelupaan lagi dan butuh informasi yang di butuhkan kamu tinggal buka catetan yang udah ditulis.

4.      Menjadwalkan kegiatan sehari-hari
Salah satu cara untuk mengatasi lupa yang efektif  bisa dengan membuat daftar kegiatan apa saja yang akan kamu lakuin untuk sehari-hari. Dengan menggunakan cara ini maka kegiatan kamu sehari-hari udah terjadwal dan terstruktur jadi resiko lupa itu jadi lebih kecil. Tapi kalo masalah buang air besar sih mending ga usah di jadwalin ya, itu sih nunggu perut mules aja. Masa iya kamu lupa buang air kalo perut udah bergejolak, kan ga mungkin.

5.      Jangan berfikir negatif
Menurut seorang ahli di Harvard University yang namaya ga mau disebut. Berfikir negatif itu juga jadi salah satu faktor penyebab kamu jadi gampang lupa. Jadi mulai sekarang kalo kamu ga mau jadi pelupa ya jangan pernah berfikir negatif entah itu sama guru, dosen, teman, atau pacar. Coba mulai sekarang berfikir yang postif apalagi sama pacar, kalo pacarnya di bbm ga bales ya positif aja mungkin dia ga punya aplikasi bbm lagi tidur atau lagi boker. Inget jangan berfikiran negatif apalagi nuduh-nuduh pacarnya selingkuh, bahaya! Yang ada lama-kalelamaan pacar kamu bakal selingkuh beneran dan pacar kamu tiba-tiba bisa jadi pelupa, Iya lupa sama kamu! 

Demikian 5 tips untuk menghilangkan penyakit lupa, Semoga bermanfaat ya, aamiin.

1 comment: