Thursday, 17 April 2014

Posted by deni hermanto |

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) kritik adalah kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dsb.

Pada dasarnya manusia itu lebih senang dipuji daripada di kritik bahkan ada yang sampe haus akan pujian, ini maksudnya bukan orang yang lagi kehausan terus minta dipuji ya tapi ini artinya orang yang cuma mau dipuji doang tanpa mau di kritik sedikitpun. Biasanya sih orang yang haus akan pujian itu orangnya gampang banget marah. Di kritik sedikit marah, senggol dikit marah, bulu kakinya rontok satu marah, dan dia juga marah kalo lagi ngupil tapi upilnya ga dapet-dapet. Kalo kamu punya temen atau nemuin orang kaya gini langsung panggil saya aja terus kita bius bareng-bareng abis itu tunggu dia sadar dan kalo udah sadar sumpelin aja mulutnya pake upil kamu.

Kembali ke judul di atas. Kenapa kritikan itu penting? Karena dengan kritikan kita bisa mengevaluasi diri sendiri dari kekurangan yang kita miliki atau kesalahan-kesalahan yang kita perbuat. Kenapa kita di kritik? Mungkin karena kita berbuat salah, ga mungkin dong kalo kita berbuat baik tapi malah di kritik. Kalaupun ada yang mengkritik saat kita berbuat baik itu sih orang yang syirik aja. Nah kalo ada orang yang syirik sama kita ya cuekin aja.

Kritikan itu juga bisa memberi tau kita mana yang benar-benar temen dan mana yang bukan. Kenapa bisa gitu? Karena kalo yang bener-bener temen pasti bakal mengkritik salah satu dari temennya kalo ada yang ngelakuin kesalahan. Kalo kita punya temen yang kritikus kita harus mendengarkan kritikannya, biasanya temen itu selalu ngasih kritik kalo kita emang ada kekurangan atau kesalahan, dan temen yang baik juga pasti selalu ngasih solusi dari apa yang udah dia kritik dari kita. Ya kalo cuma bisa mengkritik doang tanpa ngasih solusi sih namanya temen yang ga peduli dan bisa dibilang itu temen yang mau menjatuhkan kita aja.

Nah kalo ada orang lain yang mengkritik kita entah itu dari cara berpakaian kita atau sifat kita. Kita juga harusnya bersifat lebih sabar jangan cuma gedein emosi doang, coba cermati dulu barangkali kritik dari orang itu isinya menasehati atau memotivasi kita supaya kita bisa lebih baik lagi. Dengan ada yang mengkritik kita tanpa kita suruh, berarti hidup kita banyak yang peduli karena yang mengkritik kita itu biasanya orang yang selalu memperhatikan dan pastinya peduli sama hidup kita. Bayangin kalo ga ada yang mengkritik kita di saat kita melakukan kesalahan atau ada kekurangan? Pasti kita ga akan pernah sadar atas kekurangan atau kesalahan kita karena ya ga ada yang peduli, dan pasti hidup kita bakal gitu-gitu aja tanpa adanya perubahan. Harusnya kita juga berterimakasih sama orang yang udah mau mengkritik kita, karena dengan begitu kita bisa belajar dari kesalahan atau kekurangan kita agar bisa jadi lebih baik lagi.

Intinya sih ya kritikan itu penting banget dan kita harus menanggapi kritikan itu sebagai motivasi supaya kita bisa jauh lebih baik.

0 comments:

Post a Comment