Tuesday, 15 April 2014

Posted by deni hermanto |

Cirebon adalah tempat dimana saya dilahirkan, di Cirebon juga saya menuntut ilmu dari tingkat sekolah dasar sampai kuliah saat ini, dan saya makan, minum, tidur,  bahkan sampai buang besarpun saya lakuin di Cirebon. I Love You Cirebon..

Cirebon merupakan salah satu kota yang tidak terlalu besar di Jawa Barat yang terletak pada 6o41′LU 108o33′BT pantai utara Jawa Barat dan bagian timur di Jawa Barat. Luas kota Cirebon hanya 37,54 km2 dengan 32% lahan digunakan untuk perumahan, 38% lahan pertanian dan sisanya dipake buat yang lainnya. Kota Cirebon merupakan daerah strategis dan menjadi simpul pergerakan transportasi antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Lokasinya yang ada di wiayah pantai menjadikan kota Cirebon memiliki wilayah daratan yang lebih luas daripada wiayah perbukitan.


SEJARAH

Cirebon juga sudah dikenal dengan sebutan kota udang atau kota wali. Kenapa disebut kota udang? Karena udang adalah salah satu hasil perikanan terbesar di Cirebon. Kenapa juga Cirebon disebut kota wali? Karena pada zaman dulu Cirebon ini dijadikan tempat penyebaran agama islam oleh salah satu wali songo yaitu Syarif Hidayatullah atau yang kita kenal dengan nama Sunan Gunung Jati. Selain kota udang dan kota wali, Cirebon juga disebut dengan kota Grage yang artinya dalam bahasa Jawa Cirebon adalah kerajaan yang sangat luas.

Nama Cirebon sendiri berasal dari kata caruban yang dalam bahasa sunda berarti campuran. Karena budaya di Cirebon itu berasal campuran dari budaya Sunda, Jawa, Tionghoa, dan Arab. Makanya keturunan orang Cirebon itu biasanya unik-unik ada yang alus, keras, sipit, pesek, mancung, dan ada yang berbulu dada lebat. Walaupun terletak di Jawa Barat tapi Cirebon berbeda dari kebanyakan kota lainnya yang ada di Jawa Barat. Kalo kota lain di Jawa Barat kan biasanya kao komunikasi pake bahasa sunda, nah kalo di Cirebon justru banyak warganya yang menggunakan bahasa jepang bahasa Jawa dalam melakukan komunikasi sehari-hari.


PARAWISATA

Dari sektor pariwisata Cirebon juga punya beberapa wisata, di antaranya ada wisata taman bermain, wisata pantai, wisata sejarah, wisata masjid dan wisata kuliner.

1.      Wisata taman bermain.


Wisata taman bermain ada Taman Ade Irma Suryani. Tapi sayang sekali tempat ini udah ga ke urus, padahal tempat ini bagus buat menghabiskan akhir pekan sama keluarga karena tempat ini menyajikan taman bermain bagi anak-anak maupun orang dewasa dan ada pemandangan dari pantai utara juga. Semoga aja kelak Taman Ade Irma ini kembali di urus, di perbaiki, dan bisa di nikmati lagi oleh warga Cirebon ataupun wisatawan dari luar kota yang lagi wisata ke Cirebon.

2.      Wisata pantai kejawanan


pantai kejawanan ini bisa jadi alternatif tempat wisata di Cirebon karena dengan biaya yang amat sangat murah kita bisa menikmati suasana pantai. Waktu yang tepat untuk dateng kesini kalo bisa pagi hari karena kita bisa melihat indahnya matahari terbit / sunrise.

3.      Wisata sejarah


Di sektor wisata sejarah Cirebon punya banyak tempat di antaranya ada Keraton kanoman, keraton kacirebonan, keraton kasepuhan, dan Gua sunyaragi. Tempat-temapt ini emang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan dari luar kota.

4.      Wisata masjid


Cirebon punya masjid besar yaitu Masjid Raya At-taqwa. Masjid ini juga udah jadi landmark dan jadi kebanggaan masyarakat Cirebon. Masjid At-taqwa mempunyai 5 menara, 4 menara kecil dan 1 menara besar yang menjulang tinggi hingga 65m. Dengan membayar Rp.3000 kita udah bisa naik ke ujung menara utama dan bisa melihat pemandangan kota Cirebon dari ketinggian.

5.      Wisata kuliner


Udah ga di ragukan lagi kalo Cirebon dikenal dengan makanan khasnya yang sangat enak, lezat dan bikin pengen nambah lagi dan lagi. Di antaranya ada Empal gentong, nasi lengko, docang, tahu gejrot dan yang paling terkenal adalah nasi jamblang. Orang Cirebon ga pernah makan makanan ini? Terlalu! Dan buat wisatawan luar kota kalo dateng ke Cirebon tapi ga nyicip makanan khasnya, itu rugi banget.


Demikian tadi informasi singkat tentang sejarah dan pariwisata Cirebon. Saya berharap kepada pemerintah dan warga Cirebon supaya sama-sama mengurus, merawat, dan menjaga tempat wisata-wisata yang ada di Cirebon supaya Cirebon jadi tempat tujuan wisata.

0 comments:

Post a Comment